ANALISIS KESALAHAN URUTAN PENULISAN HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS XI BAHASA DI MAN REJOSO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2008 – 2009

Authors

  • Siti Zaenab Setyawati

DOI:

https://doi.org/10.26594/diglossia.v2i1.65

Abstract

Siti Zaenab Setiawati

Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

joy_tea@yahoo.com

 

Abstrak

Dalam bahasa Jepang, ada 46 kata dalam Hiragana dan Katakana. Sebagian besar siswa sulit untuk menghafalkan kata- kata tersebut.. Hal ini tidak mengherankan karena mereka yang belajar bahasa Jepang memiliki kemampuan yang berbeda dalam hal menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menulis Hiragana dan Katakana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering (terbanyak) adalah disebabkan oleh kesalahan urutan langkah penulisan Hiragana dan Katakana.

kata kunci: kata, kesalahan, hiragana

 


Abstract

In Japanese language, there are 46 words of each Hiragana and Katakana. Most of the students had difficulty in memorizing them. It is not surprising because they who learn Japanese language have different ability of memorizing. This research is aimed at analyzing the students’ errors in writing Hiragana and Katakana. The result of research shows that most errors are caused by disordering of steps of writing Hiragana and Katakana.

key words: words, mistake, hiragana

Author Biography

Siti Zaenab Setyawati

UNIPDU

Downloads

Published

2010-09-12

Issue

Section

Articles