Manajemen Kurikulum Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Merlina Merlina UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda https://orcid.org/0000-0001-9954-7257
  • Achmad Ruslan Afendi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Nor Asiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Gusti Asiyani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Hasnun Dahliana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Livita Magfiratul Laili UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3042

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini | Early Childhood Education, Pendidikan Agama Islam | Islamic Education, Manajemen Kurikulum | Curriculum Management

Abstract

Untuk mewujudkan keberhasilan, setiap lembaga pendidikan memerlukan pengelolaan yang baik. Salah satunya adalah dengan membuat pengelolaan acuan pembelajaran (manajemen kurikulum), sehingga proses belajar dan mengajar di dalam lembaga pendidikan dapat berlangsung efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum di PAUD Al-Qur’an Ar-Raudhah. Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif yang melakukan pengamatan mendalam di PAUD Al-Qur’an Ar-Raudhah Kota Balikpapan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PAUD diawali dengan perencanaan kurikulum dimulai dari pertemuan yang dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik, pembuatan rencana kurikulum program tahunan dan semester serta rancangan kegiatan mingguan dan rancangan kegiatan sehari-hari; pelaksanaan kurikulum telah digunakan dalam kegiatan in-door dan out-door; evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala dan telah ditetapkan waktunya, setiap sebulan sekali orang tua peserta didik diajak berdiskusi dan musyawarah mengenai pembelajaran yang telah dilakukan selama satu bulan sebelumnya. Tulisan ini memberikan wawasan baru untuk implementasi manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini yang harus mengacu pada kurikulum nasional dengan tambahan materi keagamaan Islam dimana kita dapat turut serta dalam pembentukan karakter bagi peserta didik.

To achieve success, every educational institution requires good management. One way is to make management of learning references (curriculum management), so that the learning and teaching process in educational institutions can take place effectively and efficiently. This study aims to describe the process of planning, implementing, and evaluating the implementation of curriculum management in PAUD (Early Childhood Education) Al-Qur’an Ar-Raudhah. This paper is qualitative research that conducts in-depth observations at PAUD Al-Qur'an Ar-Raudhah, Balikpapan City. The results obtained show that PAUD learning activities begin with curriculum planning starting from meetings attended by all teaching staff, making annual and semester program curriculum plans as well as designing weekly activities and designing daily activities; implementation of the curriculum has been used in in-door and out-door activities; curriculum evaluation is carried out periodically and has a set time, once a month the parents of students are invited to discuss and deliberation regarding the learning that has been carried out during the previous month.

References

Afiif, Ahmad, Hijriah Hijriah, A. Nur Adila Amran, Afika Sahwa, Zaenab Awwahah, and Fitri Annisa. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Negeri Pembina Jeneponto.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2, no. 2 (2019): 92.

Arifin, Zainur. “Manajemen Peserta Didik Sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 71–89.

Astuti, An Ras Try, Hardiyani Herman, Rabiatul Hadawiah, and Nurul Ardiyanti. “Tantangan Parenting Dalam Mewujudkan Moderasi Islam Anak.” Al-MAIYYAH?: Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11, no. 2 (2018): 301–320.

Aziz, Thorik. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Duta Media Publishing, 2019. Accessed September 15, 2022. https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_PENDIDIKAN_ANAK_USIA_DINI/s3L7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=paud&printsec=frontcover.

Bahri, Saiful. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2015): 57–76.

Broström, Stig. “Science in Early Childhood Education.” Journal of Education and Human Development 4, no. 2 (2015): 107–124.

Dhida, Tasya Tsamara. “The Effect of Animation Video Learning Media on Social Emotional Development of Early Children: A Literature Review.” Early Childhood Education and Development Journal 3, no. 1 (2021): 47–58. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj.

Fanny, N. “Pengembangan Kurikulum Paud Islami Di Aceh.” Jurnal Buah Hati 9, no. 1 (2022): 10–26. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/1802.

Husni, Faizun, and Dwi Wahyudiati. “Relevansi Manajemen Strategik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Daya Saing di Sekolah Dasar.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 34–47.

Malichatunniswah, Mufida. “Implementasi Kurikulum PAUD Berbasis Taman Pendidikan Al-Qur’an di PAUD TPQ Al-Amien Bancaan Salatiga.” BELIA: Early Childhood Education Papers 3, no. 2 (2014): 102–108.

Muis, Abdul. “Supervisi Akreditasi Dalam Rangka Pengembangan Mutu Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal.” Educate?: Jurnal Teknologi Pendidikan 7, no. 1 (2022): 125.

Pan, Yuejuan, Xiaoying Wang, and Liang Li. “Early Childhood Education in Chinese Societies.” Springer International (2018): 599–622.

PAUDNI, Dirjen. “Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu.” Jakarta, 2012.

Schachter, Rachel E. “Early Childhood Teachers’ Pedagogical Reasoning About How Children Learn During Language and Literacy Instruction.” International Journal of Early Childhood 49, no. 1 (2017): 95–111.

Suharni, Suharni. “Manajemen Kurikulum pada Paud As Sakinah, Rumbai, Pekanbaru.” PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2019): 26.

Ulfa, Mutia, and Erni Munastiwi. “Analisis Perencanaan Dalam Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020): 26–37.

White, E. J., M. Peter, and B. Redder. “Infant and Teacher Dialogue in Education and Care: A Pedagogical Imperative.” Early Childhood Research Quarterly 30, no. PA (2015): 160–173. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.10.008.

Published

2022-11-27

How to Cite

Merlina, M., Afendi, A. R., Asiah, S. N., Asiyani, G., Dahliana, H., & Laili, L. M. (2022). Manajemen Kurikulum Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 131–142. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3042