Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Masa New Normal di Madrasah Aliyah Negeri

Authors

  • Emi Lilawati Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang
  • Lailatus Sa'adah Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3123

Keywords:

Pembelajaran Daring | Online Learning, Sejarah Kebudayaan Islam | History of Islamic Culture, New Normal

Abstract

Pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan sistem pembelajaran yang digunakan di masa pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan aplikasi Zoom, grup WhatsApp, dan e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 4 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas XI MIA 3 yang berjumlah 36 siswi. Sampel yang digunakan berjumlah 36 siswi, karena populasi berjumlah kurang dari 100. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 4 Jombang menurut teori yang telah dikemukakan oleh Slavin berjalan efektif, dan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di masa new normal pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 4 Jombang berjalan sangat efektif.

Online learning in Islamic Cultural History is a learning system that used during the COVID-19 pandemic by utilizing Zoom applications, WhatsApp groups, and e-learning. The purpose of this study was to determine the process and effectiveness of the implementation of online learning on the subject of Islamic Cultural History at MAN 4 Jombang. This research is a descriptive quantitative research. The population in this study were students of class XI MIA 3, consisting to 36 students. The sample used was 36 students, because the population was less than 100. The data collection methods used were interviews, questionnaires, and documentation. The results showed that the implementation of online learning on the subject of Islamic Cultural History at MAN 4 Jombang according to the theory that had been put forward by Slavin was effective, and that the implementation of online learning in the new normal period in the subject of Islamic Cultural History at MAN 4 Jombang is very effective.

References

Ahmad, Ahmad, dkk. “Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Google Classroom pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Darul Falah Batu Jangkih.” El-Hikam: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan 8, no. 1 (Januari, 2020): 66-82.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Azizah, Faidlotul. Efektivitas Percepatan Kemampuan Siswa dalam Hal Baca Tulis Arab melalui Metode Imla’ pada Program Kelas Intensif di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Jombang: UNWAHA, 2020.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitaif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2005.

Burhanudin. “Inovasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Guru 2, no. 1 (2021): 56–57.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Diana, Deski. “Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Possing pada Pokok Bahasan Lingkaran Siswa Kelas VIII-A SMP Negri 18 Malang.” (Tugas Akhir, Malang: Universitas Negeri Malang, 2007).

Ratnawati, Etty, dan Aditya Putra Utama. “Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19.” Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 10, no. 1 (2021): 96-113.

Rohmawati, Afifatu. “Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9, no. 1 (2015): 15-32.

Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah COVID-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Universitas Jambi 02, no. 6 (Juni, 2020): 214-224.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2015.

Thoha, Chabibi, dkk. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Yanti, Minarti Tirta, dkk. “Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 5 (April, 2020): 61-68.

Zuhairini. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Published

2022-12-04

How to Cite

Lilawati, E., & Sa’adah, L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Masa New Normal di Madrasah Aliyah Negeri. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 157–170. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3123