Efektifitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi tentang Pengembangan pada MTs Negeri Keras Diwek Jombang)

Authors

  • Moh. Yahya Ashari Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
  • Rif'atul Mahfudhoh MTs Negeri Keras Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v1i1.503

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu yang sangat urgen untuk dilaksanakan, di mana hal ini merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan program madrasah. Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan telah banyak dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian  Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama antara lain melalui pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya serta pembinaan manajemen madrasah. Dengan mengambil latar penelitian di MTs Negeri Keras Diwek Jombang, penulis berupaya untuk melihat secara objektif melalui research secara mendalam bagaimana implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, apakah tujuan yang akan dicapai dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam mengembangkan madrasah, bagaimana efektifitas Manajemen Berbasis Sekolah dalam mengembangkan madrasah dan apakah fakor pendukung dan penghambat serta solusinya dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam mengembangkan madrasah.

Improving the quality of education is a very urgent thing to be implemented, which is a process that is integrated with the process of improving the quality of human resources and the development of madrasah program. Improving the quality of human resources through education has been carried out by the government, particularly the Ministry of Education and Culture and the Ministry of Religious Affairs by  developing the curriculum and evaluation system, improving educational facilities, developing and designing teaching materials, conducting training for teachers and other education personnels, and guiding the development madrasa. By conducting a research at MTs. Keras Diwek Jombang, the authors attempted to look objectively through an in-depth research at how the implementation of school-based management is, what objectives to be achieved in the implementation of school-based management to develop the madrasah are, how effective school-based management to develop madrasa is, and what supporting and inhibiting factors and their solutions in the implementation of school-based management to develop the madrasah are.

Published

2015-12-11

How to Cite

Ashari, M. Y., & Mahfudhoh, R. (2015). Efektifitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi tentang Pengembangan pada MTs Negeri Keras Diwek Jombang). Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 1(1), 29–48. https://doi.org/10.26594/dirasat.v1i1.503

Issue

Section

Artikel