Penyerahan

##about.onlineSubmissions##

##about.onlineSubmissions.haveAccount##
Login

##about.onlineSubmissions.needAccount##
##about.onlineSubmissions.registration##

Perlu {$login} atau {$register} untuk menyerahkan naskah.

 

Panduan Penulis

A. Persyaratan Naskah
Berikut ini adalah persyaratan naskah yang akan diterima oleh redaksi JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
1. Redaksi menerima artikel kajian dan penelitian di bidang matematika atau pendidikan matematika.
2. Artikel harus merupakan produk ilmiah orisinil dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.
3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia baku dengan ragam tulisan ilmiah.
4. Artikel diserahkan dalam bentuk softcopy. Untuk konfirmasi pengiriman atau informasi lainnya silahkan menghubungi contact person: Tafsillatul Mufida A. (085790279444), Ulumul Umah (085233704627).


B. Format Penulisan
1. Judul artikel harus mencerminkan inti dari isi tulisan, spesifik, dan efektif yang diukur dari kelugasan dan keinformatifannya. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan huruf kapital secara simetris, judul maksimal 12 kata.
2. Nama penulis dicantumkan di bawah judul (harus tanpa gelar atau indikasi jabatan dan kepangkatan), diikuti alamat lembaga penulis dan korespondensi (alamat e-mail) di bawah nama penulis.
3. Abstrak dalam satu paragraf dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang secara ringkas, jelas, utuh, mandiri dan lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan, sepanjang 100-120 kata.
4. Artikel penelitian terdiri dari PENDAHULUAN, METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN DAN SARAN, dan DAFTAR RUJUKAN. Bagian Pendahuluan paling tidak menyajikan latar belakang atau rasional penelitian, masalah dan wawasan rencana pemecahan masalah, serta rumusan tujuan penelitian (beserta harapan tentang manfaat hasil penelitian). Bagian Pendahuluan juga harus disertai rujukan sebagai landasan teori terkait dengan masalah yang diteliti. Metode penelitian berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti. Hasil dan pembahasan disajikan secara terpadu dan ditinjau dari berbagai teori sebelumnya yang terkait. Artikel penelitian ditutup dengan kesimpulan dan saran. Kesimpulan disajikan dalam bentuk esai, bukan dalam bentuk numerikal. Saran disusun berdasarkan kesimpulan yang telah ditarik.
5. Artikel non penelitian terdiri dari PENDAHULUAN, BAHASAN UTAMA, dan KESIMPULAN. Bagian pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan. Bahasan Utama merupakan bagian inti dari artikel non penelitian. Isi dari Bahasan Utama bervariasi tergantung topik yang dibahas, namun harus memperhatikan pengorganisasian isi yang baik. Isi yang lebih umum sebaiknya disajikan mendahului isi yang lebih rinci. Selain itu, paparan suatu bagian isi sebaiknya selalu ditunjukkan kaitannya dengan bagian isi yang lain. Kesimpulan disajikan dalam bentuk esai, bukan dalam bentuk numerikal.
6. Sistematika penulisan disusun sesuai dengan template artikel JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Template artikel JMPM dapat didownload di sini.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

    1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
    2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
    3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.