Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Loviga Denny Pratama Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Wahyu Lestari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Jailani Jailani FMIPA, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1051

Keywords:

pendekatan saintifik, PBL, minat, prestasi belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik melalui Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gamping. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skor minat belajar siswa tergolong dalam kriteria rendah (skor 66,84). Hasil tes prestasi belajar matematika juga masih kurang memuaskan, dengan tidak adanya siswa yang tuntas (nilai  75). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil siklus pertama menunjukkan persentase siswa yang tuntas dalam tes prestasi belajar meningkat menjadi 53,13%. Demikian juga dengan minat belajar juga meningkat ke kategori sedang (skor 82,81). Selanjutnya, di siklus 2 minat belajar kembali meningkat ke kategori tinggi (skor 92,28). Demikian juga dengan persentase siswa yang tuntas dalam prestasi belajar meningkat menjadi 78,13%.

Author Biographies

Loviga Denny Pratama, Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta

Jailani Jailani, FMIPA, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Lektor Kepala Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta

References

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ashari, N. W., & Salwah. (2017). Problem based learning (pbl) dalam meningkatkan kecakapan pembuktian matematis mahasiswa calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100–109.

Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa sma dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. jurnal riset pendidikan matematika (Vol. 2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7331

Barta, J., & Shockey, T. (2006). The mathematical ways of an aboriginal people: the northern ute. Journal of Mathematics and Culture, 1(1), 79–89.

Carey, S. S. (2011). A beginner guide to scientific method. fourth edition. Boston: Wadswort Cengage Learning.

Delisle, R. (1997). How to use problem-based learning in the classroom. Alexandria. VA: ASCD Publications.

Essie, E. E., Akpan, O. E., & Obot, I. M. (2015). Students’ interest in social studies and academic achievement in tertiary institutions in cross river state, Nigeria. European Journal of Training and Development Studies, 2, 35–40.

Frenzel, A. C., Goetz, T., & Perkrun, T. (2010). Development of mathematics interest in adolescence: influences of gender, family, adn school context. Journal If Research in Adilescence, 20(2), 507–537. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2010.00645.x

Gable, R. K. (1986). Instrumen development in the affective domain. New York: Springer Sciences+Business Media.

Ginanjar, L. A., & Cholik, M. (2015). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa di kelas xi smk negeri 3 surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 71–77.

Goulart, P., & Bedi, A. S. (2011). The impact of interest in school on educational success in Portugal (No. IZA Discussion Paper No 5462).

Graumann, G. (2011). Mathematics for problems in the everyday world. Real-world problems for secondary school mathematics students: Case studies (J. Maasz &). Rotterdam: Sense Publishers.

Hadi, F. R. (2016). Penerapan pembelajara problem base learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas iv. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 80–87.

Heinze, A., Reiss, K., & Rudolph, F. (2005). Mathematics achievement and interest in mathematics from a differential perspective. ZDM, 37(3), 212–220.

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelujaran abad 21. Bogor: Ghalia lndonesia.

Kpolovic, P. J. (2014). Academic achievement prediction: role of interest in learning and attitude towards school. International Journal Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(11), 73–100.

Lazaridoe, R., & Lttel, A. (2012). Mathematics interest and achievement: what role do perceived parent and teacher support play? a longitudinal analysis. Intenational Journal of Gender, Science and Technology, 5(3), 207–231.

Michelsen, C., & Sriraman, B. (2009). Does interdisciplinary instruction raise students’ interest in mathematics and the subjects of the natural sciences? ZDM Mathematics Education, 41(1), 231–244.

Muller, E., & Burkhardt, H. (2007). Applications and modelling for mathematics - overview. In B. W., G. P.L., H. HW., & N. (Eds) M. (Eds.), Modelling and Aplications in Mathematics Education (pp. 267–274). Boston, MA: Springer.

NCTM. (2000). Principle and standars for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Niss, M., Blum, W., & Galbraith, P. (2007). Introduction. In W. Blum, P. L. Galbraith, H.-W. Henn, & M. N. (Eds.) (Eds.), Modelling and Applications in Mathematics Education (pp. 3–32). New York: Springer.

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa, 5(1), 24-32.

Permendikbud. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Powner, L. C. (2006). Teaching the scientific method in the active learning classroom. Proquest Social Science Journals, 3, 521–524.

Priyanti, A. E., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2016). Pendekatan saintifik berbasis problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan matematika siswa kelas iv sd gugus p.b. sudirman denpasar tahun ajaran 2015/2016. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Retnawati, H. (2015). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, makasiswa, dan psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Rittle-Johnson, B., Siegler, R. S., & Alibali, M. W. (2001). Developing conceptual understanding and procedural skill in mathematics: An iterative process. Journal of Educational Psychology, 93(2), 346–362. https://doi.org/10.1037/0022-0663.93.2.346

Schwarzkopf, R. (2007). Elementary modeling in mathematics lessons: The interplay between “real-world” knowledge and “mathematics structures.” In W.Blum, P. L.Galbraith, H.W.Henn, M.Niss, & (Eds.) (Eds.), Modelling and applications in mathematics education: The 14th ICMI study (pp. 209–216). New York: Springer.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sockalingam, N., & Schmidt, H. G. (2011). Characteristics of problems for problem-based learning: the students’ perspective. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(1), 3–16. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1135

Sukardjo. (2006). Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Suryabrata. (2002). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Rake Press.

Syah, M. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tan, O. S. (2003). Problem-based learning innovation : Using problems to power learning in the 21st country. Singapore: Learning Asia.

Van De Walle, J. . A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2013). Elementary and middle school mathematics: teaching developmentally (8th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Wijaya, A., Heuvel-panhuizen, M. Van Den, Doorman, M., & Robitzch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks : An analysis of students ’ errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555–584. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ariyadi-wijaya-dr/wijaya2014students-difficulties.pdf

Willis, J. (2010). Learning to live math: teaching strategies that charge student attitudes and get results. Alexandria, VA: ASCD Publications.

Published

2018-03-28