Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri

Authors

  • Yulia Rahmawati Z Universitas Tamansiswa Padang
  • Nanang Priatna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurjanah Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1272

Keywords:

Koneksi, Self-Concept, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa SMA melalui pendekatan saintifik pada materi trigonometri. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga terpilih dua kelompok pada kelas X SMAN 1 Pangkalan Koto Baru. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran melalui pendekatan saintifik (PS) sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran biasa (PB). Instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis dan angket self-concept yang dianalisis dengan uji statistik t-test atau Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa: a) pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran PS lebih baik dari siswa yang memperoleh PB, dan b) Self-concept matematis siswa melalui pembelajaran PS lebih baik dari siswa yang memperoleh PB.

Author Biographies

Yulia Rahmawati Z, Universitas Tamansiswa Padang

Matematika

Pendidikan Matematika

Aktuaria

Statistika

Nanang Priatna, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Matematika

Matematika

Nurjanah Nurjanah, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Matematika

Matematika

References

Abidin, Y. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Ahmad, J., Ghazali, M., & Hassan, A. (2011). The Relationship Between Self Concept and Response Toward Student’s Academic Achievement Among Students Leader in niversity Putra Malaysia. International Journal of Instruction, 4(2), 23–38.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atsnan, M. F., & Gazali, R. Y. (2013). Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik" pada tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (pp. 978–979).

Ayodele, O. J. (2011). Self Concept and Performance of Secondary school Students in Mathematics. Journal of Educational and Developmental Psychology, 1(1), 176–183. https://doi.org/10.5539/jedp.v1n1p176

Efriana, F. (2014). Penerapan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN Palu Barat pada Materi Keliling dan Luas Daerah Layang-layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 170–181.

Fajri, N., Hajidin, & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Koneksi & Komunikasi Matematis Siswa dengan Menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Pendididikan Matematika, PARADIKMADIKMA, 6(2), 149–161.

Fauzi, K. M. A. (2013). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Maematika PARADIKMA, 6(1), 49–65.

Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection Ability an Self-Confidence (An Experiment On Junior High School Students Through Contextual Teaching and Learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11.

Komala, E. (2012). Pembelajaran dengan Pendekatan Diskursif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Siswa SMP. UPI Bandung.

Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K dan Capari, A. K. (2007). Guide Inquiry: Learning in the Zist Century. London: Libraries Unlimited.

Kusmaydi. (2010). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. UPI Bandung.

Lasmanawati. (2011). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. UPI Bandung.

Leonard dan Supardi, U. . (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Indraprasta PGRI.

Linto, R. L., Elniati, S., & Rizal, Y. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83–87.

Mamin, R. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding pada pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 10(2), 55–60.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa tenggara Barat. E-Journal Program Studi Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesjha Program Studi IPA, 4.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: Reston.

Nurhajati. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Cabri 3D terhadap Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Pardede, Y. O. K. (2008). Konsep Diri Anak Jalanan Usia Remaja. Jurnal Psikologi, 1(2), 146–151. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzw032

Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran & Koneksi Matematika Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist, I(2), 116–123.

Prahastiwi, R. B., Subani, & Haryono, D. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 6 Malang. Jurnal Online UM, (April), 1–7.

Salamor, R. (2013). Pembelajaran Group Investigation dalam Upaya Peningkatan Kemampuan berpikir Kritis dan Self Concept Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. UPI Bandung.

Silvernail, D. (1985). Developing Positive Student Self-concept (Second). Washington DC: National Education Associatess.

Srivastava, R., & Joshi, S. (2014). Relationship Between Self-Concept and Self-Esteem in Adolescents. International Journal of Advanced Research, 2(2), 36–43.

Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika (Hand-out P). Bandung: Tidak diterbitkan.

Suherman, E. et all. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer Common Texbook (Revisi). Bandung: JICA UPI.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematis serta Budi Pekerti dalam Pembelajaran Matematika. In Hand-out Seminar Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Sumartini, T. S. (2015). Mengembangkan Self-Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attaiment. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–10.

Published

2018-09-10