Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Authors

  • Wiwit Damayanti Lestari Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.624

Keywords:

Group Investigation Berbantuan Proyek, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Cirebon tahun ajaran 2013/2014. Sampel untuk penelitian ini diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/ Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balitbang. (2011). Survei Internasional TIMSS. (online), (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss, diakses 5 September 2013).

Costa, A. L & Kallick, B. (2012). Belajar dan Memimpin dengan ‘Kebiasaan Pikiran’ 16 Karakteristik Penting untuk Sukses. Jakarta: PT. Indeks.

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pedekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumah, Y.S. (2008). Konsep, Pengembangan dan Implementasi Computer-Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Mathematical Thinking. Disampaikan pada pidato pengukuhan guru besar. Bandung: UPI.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P & Arora, A. (2011). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: IEA TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch School of Education Boston College.

Partnership for 21st Century Skills. (2009). P21 Framework Definitions. (online), (www.p21.org, diakses 10 Oktober 2013).

Pehkonen, E. (2007). Problem Solving in Mathematics Education in Finland. WG2, Topic #8: 9 September 2007.

Polya, G. (1957). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method Second Edition. Princeton, New Jersey: Princeton University Press.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jentang Dasar PPPG Matematika. Yogyakarta. 6-19 Agustus 2004.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiman & Kusumah, Y. S. (2010). Dampak Pendidikan Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. IndoMS: Journal of Math Education Vol.1 No.1 Juli 2010.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.

Suryadi, D & Herman, T. (2009). Eksplorasi Matematika Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Karya Duta Wahana.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Toeri Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta.

Wardhani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Di SMP/MTs. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Published

2016-09-01