Permainan Tebak-tebak Buah Manggis: Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika

Authors

  • Rahmaniah Mirza Hariastuti Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.776

Keywords:

Permainan, Buah Manggis, Etnomatematika

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengangkat kembali permainan tradisional “tebak-tebak buah manggis” yang sudah mulai jarang dimainkan oleh anak-anak di daerah penghasil buah manggis, khususnya di Banyuwangi. Dari permainan tradisional tersebut dikembangkan suatu permainan baru yang menghubungkan permainan tebak-tebak buah manggis dengan konsep penjumlahan dan perkalian di matematika. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa terdapat keterbatasan dalam penerapan konsep matematika pada permainan ini. Hal ini terjadi karena adanya keterbatasan pada isi buah manggis. Namun secara umum permainan pengembangan tebak-tebak isi buah manggis ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Pengembangan permainan tersebut dilakukan berbasis etnomatematika.

References

Danoebroto, S. W. (2012). Model pembelajaran matematika berbasis pendidikan multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1), 94-107.

D’Ambrosio, U. (2001). Ethnomathematics and mathematics education. Dalam Proceedings of the 10th International Congress of Mathematics Education Copenhagen diselenggarakan pada 4-11 Juli 2004. Pisa: Dipartimento di Matematica, Universita` di Pisa.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi etnomatematika pada budaya masyarakat dayak perbatasan Indonesia Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Penelitian-Pendidikan, 12(1).

Qosim, W. A. (2013). Pengembangan buah manggis sebagai komoditas ekspor Indonesia. Jurnal Kultivasi, 12(1), 40-45.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo [Versi Elektronik]. MATHEdunesa, 1(1).

Hortus. (2015). Sejak 2009, manggis asal Banyuwangi masuk China [Majalah online]. Diakses dari http://www.majalahhortus.com/jendela/item/71-sejak-2009-manggis-asal-banyuwangi-masuk-china.html.

Sasmita, H. I., Nasution, I. A., & Indarwatmi, M. (2013). Perbedaan penampilan buah manggis (garcia mangostana l.) pasca iradiasi sinar gamma dalam berbagai dosis. Dalam Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Nuklir PTNBR-BATAN Bandung diselenggarakan pada 4 Juli 2013. Bandung: FMIPA UNPAD.

Tandililing, E. (2013). Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika diselenggarakan pada 9 November 2013. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika diselenggarakan pada 9 November 2013. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157.

Published

2017-03-03