Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Kendaraan di PT PLN (Persero) Area Mojokerto

Mukhamad Masrur
Novan Adi Mustofa
Misfah Sofanni

Abstract


PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) (Persero) Area Mojokerto merupakan salah satu cabang dari PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur yang bergerak di bidang pelayanan terhadap pelanggan. Pada PT PLN (Persero) Area Mojokerto terdapat sebuah bagian yang khusus menangani pengelolaan kendaraan. Proses pengelolaan kendaraan pada PT PLN (Persero) Area Mojokerto saat ini masih menggunakan Microsoft Excel, sehingga belum bisa memberikan pelayanan cepat dalam proses peminjaman mobil dan kurang efisien dalam perihal penyimpanan data. Permasalahan yang akan dituntut ada penyelesaiannya agar pegawai mendapat pelayanan secara proporsional akan pelayanan yang tersedia. Solusi dari permasalahan tersebut adalah membuat adanya aplikasi baru. Adapun aplikasi yang dibuat yaitu Aplikasi berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini berupa sebuah Aplikasi Pengelolaan Kendaraan. Dengan adanya solusi yang demikian mampu meningkatkan terlaksana proses kerja pada bagian manajemen kendaraan yang lebih maksimal serta mempermudah pelayanan pada proses peminjaman kendaraan


References


Lubis, R. S. (2013). Sistem Informasi Pemasaran Pada Showroom Mutiara Motor Berbasis Web. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Sholikhin, A., & Riasti, B. K. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Inventarisasi Sekolah Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Berbasis Web. Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS), 2(2), 50-57.

Subchan, & Ardi, B. K. (2014). Peranan Strategi Sistem Informasi Manajemen Untuk Mencapai Tujuan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 21(36), 1-14.

Wibisono, A., Nisafani, A. S., & Fani, S. V. (2015). Analisis Dan Desain Sistem Informasi Monitoring Kendaraan Dilingkungan Perumahan. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (halaman. 157-162). Surabaya: Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Yulianti, S. (2011). Sistem Informasi Pengelolaan Kendaraan Bermotor Berbasis Web (Studi Kasus: Di PT.Telekomunikasi Indonesia,Tbk Area Cengkareng). Bandung: Politeknik Telkom.




DOI: https://doi.org/10.26594/register.v1i1.403

Article metrics

Abstract views : 337 | views : 1269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed in:

                                   


 

Creative Commons License
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.