Analisis Aplikasi Integrated Postal Operations System (IPOS) Pada PT. Pos Indonesia (Persero) KPRK Jombang Menggunakan Metode PIECES

Authors

  • Ayu Adelina Suyono Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
  • Ulfiatin Nur Indianiati Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
  • Enes Maulia Rizki Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
  • Siti Hamidah Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
  • Erliyah Nurul Jannah Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/register.v2i1.442

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pemeriksa (KPRK) Jombang atau Kantor Pos Jombang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman. Dalam proses bisnisnya, Kantor Pos Jombang menggunakan sebuah aplikasi bernama Integrated Postal Operations System (IPOS). Dalam artikel ini, penulis melakukan analisis pada Aplikasi IPOS untuk mengetahui penerapannya pada transaksi pengiriman surat dan barang di Loket Retail Kantor Pos Jombang dan mengetahui aspek PIECES (Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, dan Service) dari Aplikasi IPOS. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi IPOS sangat mendukung Kantor Pos Jombang dalam transaksi pengiriman surat dan barang. Aplikasi IPOS dapat mempercepat dan mempermudah proses transaksi pengiriman, serta dapat memberikan informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan.

Kata kunci: Proses Transaksi Pengiriman, Aplikasi IPOS, Metode PIECES.

 

PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pemeriksa (KPRK) Jombang or Jombang Post Office was the State Owned Enterprises (SOEs) which is engaged in delivery services. In its business processes, Jombang Post Office uses an application called Integrated Postal Operations System (IPOS). In this paper, authors analyzed IPOS to observe the PIECES (Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, and Service) aspects of IPOS in the task of mail and goods delivery transaction in Retail Locket of Post Office Jombang. The, data collection methods used by the author are interview, observation, and literature study. From the analysis that has been done, it can be concluded that IPOS strongly supports Jombang Post Office in transaction of mail and goods delivery. IPOS can speed up and simplify the transaction of mail and goods delivery, and it can provide information that is accurate, timely, and relevant.

Keywords: Transaction of Mail and Goods Delivery, IPOS, PIECES Methods.

References

Al Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: ANDI.

Djahir, Y., Pratita, D. (2015). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: DEEPUBLISH.

Gaol, Chr. Jimmy L. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Grasindo.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Tullah, R., Hanafri, M. (2014). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi pada Politeknik LP3I Jakarta dengan Metode PIECES. Jurnal SISFOTEK GLOBAL, 4(1), 1-7.

Nuryati., Widayanti, N. (2015). Evaluasi Implementasi Sistem Electronic Health Record (EHR) di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Metode PIECES. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 3(1), 19-28.

Published

2016-01-01

How to Cite

[1]
A. A. Suyono, U. N. Indianiati, E. M. Rizki, S. Hamidah, and E. N. Jannah, “Analisis Aplikasi Integrated Postal Operations System (IPOS) Pada PT. Pos Indonesia (Persero) KPRK Jombang Menggunakan Metode PIECES”, regist. j. ilm. teknol. sist. inf., vol. 2, no. 1, pp. 22–33, Jan. 2016.

Issue

Section

Article