Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Bravo Supermarket Jombang

Fatikhatus Sholikhah
Diema Hernyka Satyareni
Chandra Sukma Anugerah

Abstract


Persaingan merupakan hal yang biasa terjadi terutama dalam dunia bisnis, tidak terkecuali yang telah dialami oleh Bravo Supermarket Jombang. Bravo bukanlah satu-satunya supermarket di kota Jombang, sehingga Bravo harus bersaing dengan para kompetitornya agar Bravo bisa bersaing dan tetap produktif. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan reward kepada para pelanggan terbaik. Oleh karena itu perlu dibuatlah sebuah perancangan sistem pendukung keputusan dalam pemilihan pelanggan terbaik pada Bravo. Dalam perancangan sistem yang dibuat nantinya berbasis web dengan metode SAW(Simple Additive Weighting)sebagai proses perhitungan pemilihan pelanggan terbaik. Hasil dari perancangan sistem pemilihan pelanggan terbaik pada Bravo Supermarket Jombang diharapkan dapat membantu pihak manajemen Bravo dalam pemilihan pelanggan terbaik yang akan menerima reward dan akhirnya akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan profit Bravo.

Kata kunci: Bravo, sistem pendukung keputusan, pelanggan, SAW. 

 

Competition is a common thing, especially in the business world, is no exception has been experienced by Bravo Supermarket Jombang. Bravo is not the only supermarket in the town of Jombang, so that Bravo had to compete with its competitors in order Bravo to compete and remain productive. One way that can be used to increase sales and customer loyalty is to give rewards to the best customers. Therefore, it needs to be made to a design decision support system in the selection of the best customers on Bravo. In designing the system made later on a web-based method of SAW (Simple Additive weighting) as the process of calculating the best customer selection. The results of the election system design best customers at Bravo Supermarket Jombang expected to assist management in selecting the best customer Bravo who will receive rewards and will eventually be able to increase customer loyalty and profit Bravo.

Keywords: Bravo, decision support system, customers, SAW.


References


Imran J. (2014). Rancang Bangun Data Mining Berdasarkan Analisa Pola Belanja Pelanggan Dengan Klasterisasi K-Means Di Bravo Swalayan Jombang. Skripsi Fakultas Teknik Unipdu Jombang.

Eniyati, S. (2011). Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 16(2).

LeBoeuf, Michael. (2010). Memenangi dan Memelihara Pelanggan Seumur Hidup. PT. Tangga Pustaka. Jakarta.

Hafsah, M., Richard Kodong, F., & Julian, A. (2011, July). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel Dengan Menggunakan Metode Promitee Dan AHP. In Seminar Nasional Informatika 2011.

Nasikin, K. (2012). Pengembangan Sistem Informasi Akademis Dan Keuangan Di MAN 2 Pati. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 9(3).

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering. Boston: Pearson.

Darmastuti, D. (2013). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 2(1).

Muthe, H. G. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting. Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IV, Nomor: 2, Agustus 2013.




DOI: https://doi.org/10.26594/register.v2i1.444

Article metrics

Abstract views : 648 | views : 3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed in:

                                   


 

Creative Commons License
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.