Kajian Penerimaan E-learning Siswa RSBI Dengan Technolgy Acceptance Model (TAM) Untuk Meningkatkan Mutu Siswa SMA di Daerah (Studi Kasus RSBI Kab. Jombang )

Main Article Content

yosi agustiawan

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan e-learning pada proses pembelajaran di sekolah diyakini mampu untuk menigkatkan kualitas siswa. Dengan e-learning siswa di daerah dapat belajar dengan materi yang sama dengan siswa di kota besar dan bahkan di negara yang sudah maju. Meskipun penggunaan media ini semakin banyak diminati, tetapi penerapan metode belajar dengan menggunakan e-learning bukan suatu hal yang mudah, disamping investasi yang diperlukan cukup besar, masih ada beberapa masalah yang bisa menjadi penghambat dari keberasilan penggunaan metode belajar ini. Salah satu penghambat tersebut adalah masalah penerimaan siswa terhadap penggunaan e-learning. Penelitian ini dimaksud untuk melihat faktor–faktor yang mempengaruhi penerimaan siswa terhadap penggunaan e-learning, yang mengadopsi model TAM  (Technolgy Acceptance Model). Dari analisa data dengan  metode SEM (structural equation modeling)  maka diketahui bahwa faktor variabel kemudahan dalam menggunakan memiliki pengaruh yang terbesar terhadap keinginan untuk menggunakan dengan nilai Z 1,008 dan keyakinan sosial memiliki pengaruh yang terendah dengan nilai Z 0,127.

Kata kunci:e-learning, technolgy acceptance model, structural equation modeling

ABSTRACT

The use of e-learning in the teaching and learning processat school is believed to increase learning outcome. This enables students in remote area to have learning materials as qualified as that of their counterpart in developed countries. However, although the use of e-learning considerably increases, the application of the e-learning at school is somehow complicated. Besides the financial reasons, students perception towards the device has been the problem for its effectiveness. This research is aimed at finding the factors influencing  students’ perception toward e-learning by adopting TAM (Technology Acceptance Model). After analyzing the data with SEM (Structural Equation Modelling) it is found that the variable of easiness in using the e-learning has significant effect on students’ enthusiasm in using it with Z value 1,008 and social trust has the lowest effect i.e. Z value 0,127

Keywords: e-learning, technolgy acceptance model, structural equation modeling

Article Details

Section
Articles