Perancangan Pusat Komunikasi Bisnis UMKM Berbasis Sistem Terintegrasi

Main Article Content

zainal mutaqqin

Abstract

ABSTRAK

Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian integral dalam pembangunan nasional. Dengan memperhatikan peran dan potensinya dalam perekonomian nasional, keberadaan UMKM terbukti merupakan pelaku usaha yang mandiri, kukuh dan fleksibel, dalam kondisi normal maupun krisis sekalipun.Salah satu kunci keberhasilan UMKM adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk UMKM. Menghadapi pasar tunggal ASEAN 2015 dengan mekanisme pasar yang terbuka dan kompetitif, penguasaan pasar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya saing. Salah satu gagasan pemberdayaan UMKM di era teknologi informasi adalah melalui pembentukan Pusat Komunikasi Bisnis UMKM Berbasis Sistem Terintegrasi di setiap daerah di Indonesia. Komunikasi Bisnis adalah proses pertukaran informasi yang dapat mendukung proses bisnis, baik dalam bidang produksi, pemasaran maupun penjualan. Sistem terintegrasi (integrated system) merupakan sebuah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem-sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fisik maupun secara fungsional. Pusat Komunikasi Bisnis UMKM Berbasis Sistem Terintegrasi ini diperuntukan bagi UMKM dalam mempromosikan usahanya, mengakses informasi faktor-faktor produksi, melakukan transaksi usaha, serta melakukan komunikasi bisnis lainnya secara global, dalam rangka memperluas jaringan usahanya.SistemTerintegrasi dirancang dengan metode Horizontal Integrationyangterdiri dari : (1) Online Webstore, (2) SMS Gatewaydan (3) Social Media Marketing. Sistem terintegrasi yang dirancang akan menghasilkan satu kesatuan fungsi yang dapat menunjang aktifitas bisnis pelaku UMKM.

 

Kata Kunci : UMKM, Komunikasi Bisnis, SMS Gateway, Social Media Marketing

 

ABSTRACT

 

Empowerment of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) is an integral part of national development. By considering the role and potential in the national economy, the existence of MSME proved to be an independent business, strong and flexible, in both normal and crisis conditions. One of the keys to the success of MSME is the availability of a clear market for the products. Facing the ASEAN single market 2015 with the mechanisms that open and competitive markets, market control is a prerequisite for improving competitiveness. One idea the empowerment of MSME in the era of information technology is through the establishment of the Central Business Communications Integrated Systems-Based in each region in Indonesia. Business Communication is a process of exchange of information that can support business processes, both in the field of production, marketing and sales. Integrated system is a set process for linking multiple computing systems and software applications, both physically and functionally. MSME Business Communication Center-Based Integrated System is intended for MSME in promoting their business, access to factors of production information, conduct business transactions, and conduct other business communications globally, in order to expand its business network. Integrated systems are designed with Horizontal Integration method comprising: (1) Online Webstore, (2) SMS Gateway and (3) Social Media Marketing. Integrated system designed to produce a unit function that can support the business activities activities of MSME actors.

 

Keywords : MSME, Business Communication, SMS Gateway, Social Media Marketing


Article Details

Section
Articles