Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi pada Mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Peterongan Jombang

Penulis

  • Dwi Nurcahyani Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Bakri Bakri Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • M. Zaimuddin W. As’ad Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Kata Kunci:

Implementasi. Nilai-nilai, Pendidikan Anti Korupsi.

Abstrak

Korupsi menjadi hal yang hingga sampai saat ini menjadi permasalahan yang harus diatasi. Berbagai langkah dilakukan baik dengan penetapan peraturan perundang-undangan, sanksi bagi pelaku, hingga mengkaitkan dengan suatu pendidikan sejak tingkat dasar menjadi langkah positif yang dilakukan demi menghindarkan generasi penerus bangsa dari tindak kejahatan tersebut. Implementasi nilai-nilai pendidikan anti korupsi kedalam media pendidikan yaitu melalui mata kuliah bagi mahasiswa dan mata pelajaran pada siswa sekolah menjadi hal yang tepat. Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Peterongan Jombang sebagai salah satu lembaga pendidikan formal juga menerapkan pendidikan anti korupsi kedalam mata kuliah wajibnya. Implementasi nilai-nilai pendidikan anti korupsi ke dalam mata kuliah tersebut diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang disampaikan mampu diserap dan diterapkan dalam mematuhi peraturan kampus dan aturan perkuliahan secara baik oleh mahasiswa. Mengenai hambatan yang ada dalam implementasi nilai pendidikan anti korupsi menjadi evaluasi bagi pihak universitas untuk meningkatkan sistem pembelajaran ke arah perbaikan berkesinambungan dari waktu ke waktu.

Referensi

Alquran Surat 4:29, 5:38, 2:188.

Aria, F., & Harmanto, “Implementasi Pendidikan Anti Korupsi melalui Budaya Sekolah di SMAN 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo”. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2018, 520.

Gandamana, A., “Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Melalui Habituasi Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Siswa di SMPN 1 Cianjur”. SEJ (School Education Journal), 2018.

Karyanti, T., Prihati, Y., & Galih, S. T. Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Multimedia (untuk Perguruan Tinggi). Sleman: Penerbit Deepublish, 2019.

Kurniawan, M. W., & Lutfiana, R. F., Strategi Penanaman Nilai-nilai Anti Korupsi. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN. (2021).

Maheka, A., Mengenali dan memberantas korupsi. Jakarta: KPK, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukiyat. Teori & Praktik Pendidikan Anti Korupsi. Surabaya: Jakad Media, 2020.

UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Widyastono, H., Strategi Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah. Jurnal Teknodik, 2013, 197.

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel