Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum Bidang Studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah

Penulis

  • Siska Wulandari Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang
  • Mujianto Solichin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

Manajemen, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengembangan Kurikulum.

Abstrak

Kepala madrasah memiliki peran strategis dalam memimpin proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pelayanan pendidikan sepanjang didaulat menjadi lokomotif tertinggi di institusi yang dipimpinnya. Tugas pemimpin di institusi pendidikan ini menjalankan amanah mulia sebagai nahkoda pengembangan, pengelolaan, pengembangan diri dan seluruh warga madrasah madrasah yang dipimpinnya. Permendikbud Nomor 13 Tahun 2007 yang berisi tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah menegaskan bahwa kepala madrasah menjadi tokoh kunci keteladanan tertinggi di lembaga pendidikan dalam segala hal meliputi pembentukan karakter (character building), manajerial sekolah, supervisi  guru dan tenaga kependidikan, pengembangan kewirausahaan dan kerjasama (kemitraan).  Peran manajerial kepala madrasah tergambarkan dalam rapot mutu yang merupakan representasi dari 8 standar nasional pendidikan. Pengelolaan kurikulum menjadi salah satu tugas kepala madrasah yang secara gamblang bertanggungjawab memimpin kebijakan kurikulum di tingkat lembaga sekaligus pelaksanaannya di tingkat kelas dalam bentuk pembelajaran.  Sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah di Kabupaten Jombang, MTs Darul Hikmah Desa Beji Kecamatan Jogoroto merealisasikan pengembangan dan pengelolaan kurikulumnya sesuai standar nasional pendidikan, baik aspek kepimpinan demokratis yang dijadikan model pengelolaan institusi maupun penerapan unsur-unsur manajemen yang humanis.

Referensi

Amin, Kammarudin. Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah. Jakarta, 2019.

Anizah, Winda Fitri Maretta. “Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol. 2, No.1. Januari-Juni, 2017.

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT remaja Rosdakarya, 2014.

Djafri, Novianty. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama, 2016.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Muslich, M, KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan: Pedoman bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah, dan Guru. Jakarta: Bumi Aksara, . 2007.

Musliha, Eneng. Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta : Haja mandiri, 2014.

Nasrudin, Endin. Psikologi Manajemen. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010.

Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Said, Akhmad. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah”, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol.2, No. 1, Maret, 2018.

Solichin, Mujianto, Alvi Nur Hasanah. “Manajemen Kepemimpinan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah AlHidayah Budug Tugusumberejo Peterongan Jombang”, Jurnal Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang Indonesia, Vol. 1, No. 2, Desember, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sujarweni, Wiratna. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Yusnidar. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Man Model Banda Aceh”, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, VOL. XIV Nomor. 2, Februari, 2014.

Unduhan

Terbitan

Bagian

Artikel